Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Kemampuan Literasi Digital dan Keterampilan Interpersonal Siswa SD Kelas 5
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8473Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan smartphone memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi digital dan keterampilan interpersonal siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas 5 di Kecamatan Gebang tahun pelajaran 2023/2024 dengan populasi berjumlah 531. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampling sebanyak 230 siswa. Variabel independen pada penelitian ini adalah penggunaan smartphone sedangkan variabel dependennya adalah kemampuan literasi digital dan keterampilan interpersonal. Pengambilan data menggunakan Google Form, dan pengukuran data menggunakan skala Likert. Proses analisis data dilakukan dengan analisis SEM dengan berbantu software Smart PLS. Uji yang dilakukan meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen, outer model, inner model, uji hipotesis, dan uji kelayakan. Hasil uji hipotesis pertama yaitu pengaruh langsung penggunaan smartphone terhadap literasi digital memperoleh nilai t statistik 21,809. Pengaruh langsung penggunaan smartphone terhadap keterampilan interpersonal memperoleh nilai t statistik sebesar 3,961. Pengaruh langsung kemampuan literasi digital terhadap keterampilan interpersonal memperoleh nilai t statistik sebesar 14,373. Sedangkan pengaruh tidak langsung penggunaan smartphone melalui kemampuan literasi digital terhadap keterampilan interpersonal memperoleh nilai t statistik sebesar 10,849. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan smartphone memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan literasi digital dan keterampilan interpersonal. Nilai t statistik paling kecil yaitu pada pengaruh langsung penggunaan smartphone terhadap keterampilan interpersonal, sehingga dapat disimpulkan bahwa yang dibutuhkan oleh pengguna smartphone adalah kemampuan literasi digital supaya mereka memiliki keterampilan interpersonal yang lebih baik.