Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Literasi Numerasi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Authors

  • Fitriyani Fitriyani Universitas Terbuka, Indonesia
  • Kulsum Nur Hayati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Siti Aisyah Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8474

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi numerasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas 5 SD. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam eksperimen ini berjumlah 187 siswa degan sampel sebanyak 137 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen 68 siswa dan kelas kontrol 69 siswa. Hasil pretes pada kelas eksperimen untuk kemampuan literasi numerasi sebesar 65, 99 dan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebesar 65,03. Sedangkan untuk hasil postes kelas eksperimen, kemampuan literasi numerasi sebesar 76,01 dan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebesar 75.69. Dengan demikian terdapat peningkatan rata-rata pada kemamuan literasi numerasi sebesar 10,02 dan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebesar 10,66. Dari hasil uji t didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 untuk kemampuan literasi numerasi maupun keterampilan berpikir tingkat tinggi, ini berarti model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan literasi numerasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil t hitung bernilai positif untuk kemampuan literasi numerasi dan keterampilan berpikir tinggi yaitu sebesar 7,534 dan 5,722. Pengujian beda rata-rata menggunakan SPSS versi 26 didapatkan hasil nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 yakni sebesar 0,000. Dengan demikian terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai pretes dan postes pada kelas eksperimen. Kesimpulannya adalah model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas 5 SD.

Published

2025-07-08

How to Cite

Fitriyani, F., Hayati, K. N., & Aisyah, S. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Literasi Numerasi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7846-7856. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8474