Pemanfaatan Media Augmented Reality Guna Meningkatkan Motivasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8485Abstract
Rendahnya motivasi belajar siswa berdampak terhadap efisiensi pembelajaran. Di tengah era transisi sekarang Augmented Reality hadir sebagai formulasi media yang mampu menciptakan pengalaman belajar yang imersif. Studi literatur ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui metode Systematic Literature Review (SLR) dengan analisis 9 artikel terpilih dari data DOAJ, Google Scholar, dan Scopus, hasil penelitian menunjukkan bahwa AR terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar dan efektif dalam pengalaman belajar yang interaktif dan imersif, memperkuat aspek perhatian, penguasaan diri, dan kepuasan siswa dalam pembelajaran. Namun, implementasinya memerlukan sinergi antara pendidik, institusi, dan pengembang teknologi untuk mengatasi tantangan teknis dan pedagogis. Selain itu, diperlukan analisis kurikulum yang adaptif agar pembelajaran bisa berjalan dengan semestinya. Penyesuaian dengan infrastruktur yang tersedia dapat menjadi salah satu penilikan tepat dalam suatu langkah untuk menentukan ketepatan media pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan di dunia. Dengan demikian, AR bukan hanya menjanjikan solusi jangka pendek, tetapi juga membuka potensi transformasi dalam pendidikan.