Pengaruh Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM) terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Suhu dan KALOR pada Siswa Kelas XI SMA

Authors

  • Nur Asyura Binti Hamid Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muhammad Nawir Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nurindah Nurindah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8489

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEAM terhadap hasil belajar IPA pada konsep suhu dan kalor siswa kelas XI. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental berupa pretest-posttest control group design. Subjek terdiri dari 29 siswa kelas kontrol dan 30 siswa kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen. Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t = 4,927 > t tabel = 2,002, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STEAM dan yang tidak. Dengan demikian, model pembelajaran STEAM berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPA.

Published

2025-07-08

How to Cite

Hamid, N. A. B., Nawir, M. ., & Nurindah, N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM) terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Suhu dan KALOR pada Siswa Kelas XI SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7890-7895. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8489