Pengaruh Piket Jaga Warung Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Tunagrahita Ringan

Authors

  • Ila Kamila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iding Tarsidi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran berbasis kebutuhan guna meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik tunagrahita ringan di SLBN Pangeran Cakrabuana. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dalam Kurikulum 2013 diajarkan secara tematik, namun alokasi waktu yang terbatas, yaitu hanya tiga jam per minggu, menyebabkan proses pembelajaran di kelas menjadi kurang efektif apabila tidak disertai dengan praktik langsung. Untuk mengatasi hal tersebut, sekolah menerapkan program "Piket Jaga Warung Sekolah" sebagai sarana pelatihan keterampilan nyata, termasuk membaca dalam konteks kegiatan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan siklus tindakan dan observasi terintegrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal membaca peserta didik tunagrahita ringan, meliputi pengenalan huruf, suku kata, dan kata, berada pada tingkat yang sangat rendah. Pendekatan konvensional yang digunakan di kelas belum mampu mendukung perkembangan kemampuan membaca secara optimal. Namun, melalui keterlibatan dalam program Piket Jaga Warung Sekolah, motivasi belajar dan kemampuan membaca permulaan peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan.

Published

2025-07-04

How to Cite

Kamila, I. ., & Tarsidi, I. . (2025). Pengaruh Piket Jaga Warung Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Tunagrahita Ringan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7341-7351. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8490