Pemberdayaan Staf Pengajar dalam Organisasi Pendidikan Kristen: Pendekatan Manajerial yang Efektif

Authors

  • Lustani Samosir Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Indonesia
  • Benry Silaban Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Indonesia
  • Rolambok Hutasoit Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8495

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi pemberdayaan staf pengajar dalam konteks organisasi pendidikan Kristen melalui implementasi pendekatan manajerial yang efektif. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi efektivitas pemberdayaan tenaga pendidik serta merumuskan model manajemen yang tepat untuk mengoptimalkan kinerja organisasi pendidikan Kristen. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen pada lima institusi pendidikan Kristen di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan staf pengajar yang efektif memerlukan integrasi antara nilai-nilai Kristen, kompetensi profesional, dan sistem manajemen yang partisipatif. Faktor-faktor kunci yang mendukung pemberdayaan meliputi kepemimpinan transformasional, pengembangan kapasitas berkelanjutan, iklim organisasi yang kondusif, dan sistem reward yang adil. Model pemberdayaan yang diusulkan mencakup empat dimensi utama: spiritual, profesional, personal, dan sosial. Implikasi praktis penelitian ini memberikan panduan bagi pengelola institusi pendidikan Kristen dalam mengembangkan strategi pemberdayaan yang holistik dan berkelanjutan.

Published

2025-07-04

How to Cite

Samosir , L. ., Silaban, B. ., & Hutasoit, R. . (2025). Pemberdayaan Staf Pengajar dalam Organisasi Pendidikan Kristen: Pendekatan Manajerial yang Efektif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7270-7276. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8495