Pengaruh Penggunaan Memory Game terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Organ Reproduksi Siswa Tunarungu di SLB BC Roudhotul Zannah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8505Abstract
Permasalahan kurangnya pemahaman siswa tunarungu terhadap materi kesehatan organ reproduksi menjadi tantangan dalam proses pembelajaran di SLB. Metode pembelajaran konvensional seringkali kurang efektif karena karakteristik khas siswa berkebutuhan khusus, terutama dalam memahami materi yang sensitif dan berbasis visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode memory game terhadap peningkatan pengetahuan siswa tunarungu mengenai kesehatan organ reproduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain one group pre-test post-test. Tahapan penelitian meliputi pemberian pre-test, pemberian perlakuan berupa pembelajaran menggunakan memory game selama lima hari, dan kemudian diikuti post-test untuk mengukur perubahan pengetahuan siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji paired sample t-test untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil pre- dan post-test. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor post-test dengan nilai rata-rata 65,14 setelah penerapan metode, dibandingkan dengan skor pre-test. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa metode memory game efektif meningkatkan pemahaman siswa tunarungu dalam materi kesehatan reproduksi, menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Disarankan agar pendidik mengintegrasikan media permainan serupa untuk mendukung proses belajar yang lebih inklusif dan menarik.