Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Tutoring terhadap Hasil Belajar Kognitif Sejarah pada Peserta Didik Kelas X

Authors

  • Nurul Eka Lestari Universitas Riau, Indonesia
  • Isjoni Isjoni Universitas Riau, Indonesia
  • Yanuar Al Fiqri Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8508

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan Metode pembelajaran Peer Tutoring terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMAN 12 Pekanbaru. (2) Apakah terdapat pengaruh dari penggunaan Metode Pembelajaran Peer Tutoring dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X di SMAN 12 Pekanbaru. (3) Seberapa besar pengaruh dari penggunaan Metode Pembelajaran Peer Tutoring dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X di SMAN 12 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan desain Quasi- Eksperimental dengan kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil ini menunjukan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa pada kelompok Eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Peer Tutoring. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji-t yang menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak (0,000 < 0,05). Model pembelajaran menggunakan metode Peer Tutoring memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa sebesar 58% bedasarkan hasil presentase gain score.

Published

2025-07-10

How to Cite

Lestari, N. E. ., Isjoni, I., & Fiqri, Y. A. . (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Tutoring terhadap Hasil Belajar Kognitif Sejarah pada Peserta Didik Kelas X. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8434-8439. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8508