Pengembangan Kamus Bergambar untuk Peningkatan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Atikotul Izza Afkarina UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Samsul Susilawati UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Mamluatul Hasanah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8533

Abstract

Pemikiran masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya PAI dalam membentuk akhlak dan moral siswa. namun dalam praktiknya masih ditemukan tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Globalisasi dan pesatnya pengembangan IPTEK menuntut Pendidikan Agama Islam lebih adaptif dan relevan dengan kehidupan siswa saat ini. Pengembangan bahan ajar inovatif dan relevan menjadi Solusi dalam menjawab tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pengembangan kamus bergambar untuk meningkatkan pemahaman PAI siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D menurut Borg & Gail. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, wali kelas IV, guru PAI, siswa kelas IV SDIC Al-Yasini Pasuruan dan validator ahli pakar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analilis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan kamus bergambar ini mengacu pada model Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari 10 langkah Borg & Gall yaitu (a) analisis kebutuhan dan masalah (b) pengumpulan data (c) desain produk awal (d) validasi desain I (e) revisi desain I (f) uji coba awal (g) validasi desain II (h) revisi desain II (i) uji lapangan (j) produksi masal.

Published

2025-07-08

How to Cite

Afkarina, A. I., Susilawati, S. ., & Hasanah, M. . (2025). Pengembangan Kamus Bergambar untuk Peningkatan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7905-7910. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8533