Model Intervensi Dini Berbasis Keluarga melalui Pendekatan Permainan dan Cerita untuk Anak Berkebutuhan Khusus dengan Keterlambatan Bahasa dan Bicara

Authors

  • Dyah Sarie Endah Nursasongko Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iding Tarsidi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8536

Abstract

Penelitian ini mengusulkan model intervensi dini yang berfokus pada keluarga melalui permainan dan cerita dengan tujuan mengembangkan kemampuan bahasa dan bicara anak yang mengalami keterlambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektifitas intervensi dini berbasis keluarga melalui permainan dan cerita dalam meningkatkan keterampilan bicara dan bahasa anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua dapat melakukan intervensi dini melalui pendekatan permainan dan cerita yang berdampak positif pada perkembangan pengucapan kata/kalimat sederhana anak serta peningkatan Keterampilan sosialnya. Anak yang mendapatkan intervensi dini dari orangtua mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan bicara dan Bahasa serta Keterampilan sosialnya. Partisipasi aktif orangtua dalam program ini memberikan dampak positif terhadap perkembangan bicara dan bahasa anak. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan landasan untuk pengembangan model intervensi dini berbasis keluarga yang relevan dan berkelanjutan dengan penekanan khusus pada pendekatan permainan dan cerita.

Published

2025-07-08

How to Cite

Nursasongko, D. S. E. ., & Tarsidi, I. . (2025). Model Intervensi Dini Berbasis Keluarga melalui Pendekatan Permainan dan Cerita untuk Anak Berkebutuhan Khusus dengan Keterlambatan Bahasa dan Bicara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7896-7904. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8536