Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Papan Relasi dan Fungsi (PARESI) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8556Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh signifikan model Discovery Learning berbantuan alat peraga PARESI terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP. Penggunaan alat peraga PARESI dianggap relevan karena dapat membantu siswa menvisualisasikan konsep relasi dan fungsi secara konkret, yang kerap menjadi kendala dalam pembelajaran abstrak matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari 57 siswa kelas VIII yang dibagi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dan berbantuan alat peraga PARESI, dan kelas kontrol yang hanya menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi, dengan analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest antara kelompok eksperimen (77,79) dan kelompok kontrol (74,68), perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik pada taraf signifikan 0,05. Temuan ini menunjukkan pentingnya mempertimbangkan kesesuaian antara karakteristik alat peraga, pendekatan pembelajaran, dan materi ajar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran.