Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8568Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan dan pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Agama Islam (PAI) guna peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Batu. Perencanaan dimulai dengan penyusunan rencana pembelajaran oleh tim kurikulum madrasah, di mana Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum berperan aktif dalam mengintegrasikan prinsip Kurikulum Merdeka ke dalam PAI. Guru PAI terlibat dalam merancang silabus dan RPP, dengan fokus pada pembelajaran berbasis proyek, diferensiasi, dan penguatan profil pelajar Pancasila bernuansa keislaman. Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MTsN Kota Batu menghadirkan inovasi melalui penggunaan modul ajar yang fleksibel, metode pembelajaran inovatif seperti Project Based Learning, dan penguatan karakter berbasis nilai Islam. Siswa tidak hanya memperoleh pemahaman akademik, tetapi juga keterampilan mengaplikasikan ajaran Islam sehari-hari. Meskipun dihadapkan pada tantangan seperti pemahaman guru dan integrasi teknologi, madrasah telah mengadakan pelatihan intensif dan pendampingan, serta menyediakan fasilitas digital sebagai solusinya. Selain itu, pendekatan diferensiasi juga diterapkan untuk mengatasi kemampuan siswa yang bervariasi. Kolaborasi dengan kegiatan kesiswaan dan dukungan sumber daya, termasuk peran orang tua, juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Diharapkan, Kurikulum Merdeka dapat mencetak generasi Muslim yang cerdas, berakhlak mulia, dan berkarakter unggul sesuai Profil Pelajar Pancasila.