Desain Pembelajaran Potensi Sumber Daya Alam dengan Menggunakan LKPD Berbasis Literasi untuk Siswa Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8569Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang lintasan belajar kontekstual berbasis literasi melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi Potensi Sumber Daya Alam untuk siswa kelas VII. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya literasi siswa dalam pembelajaran IPS serta minimnya penggunaan pendekatan berbasis konteks lokal. Metode yang digunakan adalah design research dengan tiga tahapan: preliminary design, design experiment, dan retrospective analysis. Proses pengembangan LKPD dilakukan melalui analisis kebutuhan, serta uji coba one to one dan small group. LKPD dirancang secara multimodal, mengintegrasikan infografis, teks bacaan, dan video edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis literasi mampu meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep, serta kemampuan literasi seperti membaca, menafsirkan informasi visual, dan berpikir kritis. Pembelajaran menjadi lebih bermakna dan kontekstual, serta mendorong kolaborasi antar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan LKPD berbasis literasi sebagai strategi efektif dalam pembelajaran IPS di tingkat sekolah menengah.