Pengembangan Media PECS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Reseptif untuk Anak Autistik Nonverbal

Authors

  • Sumartini Sumartini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iding Tarsidi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8572

Abstract

Salah satu metode komunikasi alternatif yang efektif adalah Picture Exchange Communication System (PECS), namun versi konvensionalnya yang bersifat statis kurang menarik dan kurang adaptif terhadap kebutuhan anak autis dengan gaya belajar visual-sensorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan media PECS berbasis Augmented Reality (AR) sebagai inovasi pembelajaran yang interaktif guna meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak autis nonverbal. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Single Subject Research (SSR) desain A–B–A yang terdiri dari fase baseline awal, intervensi, dan baseline ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PECS berbasis AR secara signifikan meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak, yang ditunjukkan melalui peningkatan ketepatan dalam menunjuk gambar sesuai instruksi dan keberhasilan dalam melakukan pertukaran gambar untuk menyampaikan kebutuhan. Media ini juga terbukti mampu meningkatkan atensi, motivasi, dan keterlibatan anak dalam proses pembelajaran. Integrasi AR memungkinkan simbol PECS divisualisasikan dalam bentuk objek 3D yang lebih menarik dan mudah dipahami, sehingga memperkuat pemahaman makna bahasa reseptif. Media PECS berbasis AR merupakan solusi inovatif yang tidak hanya efektif secara pedagogis, tetapi juga adaptif terhadap karakteristik anak autis nonverbal. Media ini dapat dijadikan alat bantu komunikasi sekaligus media pembelajaran interaktif yang memperkuat fungsi komunikasi dan kemandirian anak dalam konteks pendidikan khusus.

Published

2025-07-06

How to Cite

Sumartini, S., & Tarsidi, I. . (2025). Pengembangan Media PECS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Reseptif untuk Anak Autistik Nonverbal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7758-7763. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8572