Meningkatkan Kreativitas dan Tanggung Jawab Lingkungan Siswa SD Melalui Karya Seni Rupa 3 Dimensi dari Limbah Plastik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8575Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan barang plastik bekas dalam pembelajaran seni rupa, IPA, IPS untuk mendukung peningkatan kreativitas dan tanggung jawab siswa terhadap lingkungan siswa kelas 6 SD Negeri 3 Glodogan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang hasilnya disajikan secara deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik dalam menganalisis data menggunakan triangulasi data untuk mendapatkan hasil berupa simpulan dari penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas masing-masing siswa dengan adanya praktik langsung pembuatan pot dari galon bekas. Bentuk peningkatan kreativitas tersebut yaitu mampu merencanakan, mampu membuat motif dan mampu membuat pot secara langsung atau melakukan finishing menjadi pot yang lebih indah dan memiliki nilai guna yang lebih. Selain itu melalui pembuatan pot yang menarik siswa mengalami peningkatan sikap positif terhadap rasa tanggung jawab menjaga lingkungan dan menanam tanaman. Untuk itu pembelajaran ini dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang karena dapat meningkatkan kreativitas dan rasa tanggung jawab masing-masing anak.