Penerapan Metode SQ3R (Survei, Questions, Read, Recite, Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas 3 di SDN 51 Rite Kota Bima

Authors

  • Darti Darti Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Wahyu Mulyadin Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Yayuk Kusumawati Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8589

Abstract

Diketahui bahwa 85% siswa Kelas III di SD Negeri 51 Rite sudah lancar membaca, sedangkan 15% sisanya masih belum lancar. Ketidaklancaran tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah masih banyak siswa yang lebih cenderung bermain daripada belajar membaca. Maka melalui permasalahan tersebut peneliti akan meneliti tentang penerapan metode SQ3R (survei, Questions, Read, Recite, Review) untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas 3 di SDN 51 Rite Kota Bima. Pengumpulan Data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Lokasi Penelitian di SD 51 Rite Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Nilai Rata-rata skor menunjukkan tingkat kecenderungan sikap responden bahwa Nilai pada Siklus I Rata-rata 8.00 memilih Sangat Setuju dan Nilai Rata-rata untuk yang memilih Setuju 2.70, kemudian Nilai pada Siklus II Rata-rata 8.50 memilih Sangat Setuju dan Nilai Rata-rata untuk yang memilih Setuju 3.10 dengan melihat Jawaban dari Para responden.

Published

2025-06-10

How to Cite

Darti, D., Mulyadin, W. ., & Kusumawati, Y. . (2025). Penerapan Metode SQ3R (Survei, Questions, Read, Recite, Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas 3 di SDN 51 Rite Kota Bima. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6742-6749. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8589