Hubungan antara Efikasi Diri, Regulasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI

Authors

  • Salmiah Salmiah Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Firdaus Daud Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nurhayati B Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Hartati Hartati Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8600

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri, regulasi diri dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN di Kabupaten Maros yang berjumlah 978 peserta didik dan penentuan sampel secara cluster random sampling sehingga diperoleh 284 peserta didik sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes soal pilihan ganda. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa efikasi diri, regulasi diri dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi peserta didik secara umum berada dalam kategori sedang. Sedangkan hasil regresi ganda menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan positif antara efikasi diri, regulasi diri dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan memberikan kontribusi efektif sebesar 24% terhadap hasil belajar biologi.

Published

2025-07-08

How to Cite

Salmiah, S., Daud, F. ., Hartono, H., B, N. ., & Hartati, H. (2025). Hubungan antara Efikasi Diri, Regulasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8072-8080. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8600