Penerapan Model Pembelajaran Think, Pair, Share (TPS) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X-Kreatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Lies Nofiyanti Gea Universitas Nias, Indonesia
  • Berkat Persada Lase Universitas Nias, Indonesia
  • Anugerah Tatema Harefa Universitas Nias, Indonesia
  • Syukur Kasieli Hulu Universitas Nias, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8601

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Think, Pair, Share (TPS) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. (2) mengetahui peningkatan minat belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think, Pair, Share (TPS) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lotu, Kecamatan Lotu, Kabupaten Nias Utara, dengan subjek penelitian siswa kelas X-Kreatif Semester II Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembaran observasi, angket minat belajar siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket (kuisioner), tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: Pertama, Kemampuan peneliti dalam menerapkan model pembelajaran think, pair, share berdasarkan hasil lembar observasi peneliti yaitu mencapai rata-rata 89,16% atau berada pada kategori baik sekali. Kedua, Peningkatan minat belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran think, pair, share berdasarkan lembar observasi minat belajar siswa yaitu  mencapai rata-rata 86,76% atau berada pada kategori "baik sekali" dan berdasarkan hasil angket minat belajar siswa mencapai rata-rata persentase sebesar 89,33% atau berada pada kategori “baik sekali”. Meningkatnya minat belajar siswa juga dibuktikan oleh meningkatnya nilai rata-rata tes hasil belajar sebesar 90,12 dengan persentase ketuntasan 100%.

Published

2025-07-08

How to Cite

Gea, L. N. ., Lase, B. P. ., Harefa, A. T. ., & Hulu, S. K. . (2025). Penerapan Model Pembelajaran Think, Pair, Share (TPS) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X-Kreatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7991-8004. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8601