Dampak Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Softskill dan Hardskill Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8602Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana Dampak Program Kampus Mengajar dalam meningkatkan Softskill dan Hardskill Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). (2) Mengetahui apa saja kendala Mahasiswa dalam mengikuti Program Kampus Mengajar. Penelitian ini dilaksanakan dilingkungan Kampus Universitas Nias terkhusus untuk mahasiswa Kampus Mengajar Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP), dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan kampus mengajar dimulai dari mahasiswa kampus mengajar angkatan 6, 7, Dan 8 yang berjumlah 6 orang. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: pertama, Dampak dari kampus mengajar yaitu pada softskill yang didapatkan mahasiswa adalah kemampuan berpikir kreatif, inovatif, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah didunia kerja, dan potensi yang ada didalam diri untuk memaksimalkan kemampuan sebagai calon guru dimasa yang akan datang. Kedua, Kendala Mahasiswa dalam mengikuti Program Kampus Mengajar adalah Mahasiswa peserta kampus Mengajar sering kali mengalami masalah pada ujian seleksi yang diadakan dimana jaringan yang tidak stabil mengakibatkan ujian mahasiswa bias gagal selanjutnya mahasiswa juga seringkali tidak mendapatkan pengakuan 20 SKS untuk di Konversi matakuliah pada semester V karena berdasarkan kebijakan pihak kampus menyerahkan keputusan ini kepada setiap program studi masing-masing.