Peran Pendidikan Karakter pada SMP Negeri di Kota Semarang dalam Mengatasi Bullying
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8619Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan pendidikan karakter di SMP Negeri Kota Semarang sebagai upaya mengurangi kasus bullying. Fokus penelitian adalah dinamika sosial di lingkungan sekolah, khususnya konflik antara siswa junior dan senior serta lingkungan sosial yang kurang mendukung sebagai pemicu utama bullying. Tujuan penelitian adalah menganalisis bagaimana strategi pendidikan karakter dapat mencegah bullying dan menciptakan suasana sekolah yang positif. Dengan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan validasi berkelanjutan melalui triangulasi data untuk memastikan keandalan dan validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program seperti 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun), pembiasaan ibadah berjamaah, serta kerja sama dengan pihak eksternal seperti kepolisian dan psikolog efektif dalam membangun empati, tanggung jawab, dan penghargaan terhadap perbedaan, sehingga menurunkan insiden bullying. Selain itu, fasilitas seperti Rumah Duta Revolusi Mental (RDRM) turut menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis serta mendukung kesehatan mental siswa. Kesimpulannya, pendidikan karakter yang didukung intervensi psikososial merupakan solusi efektif dalam mengatasi bullying sekaligus memperkuat perkembangan sosial dan emosional siswa.