Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Degradasi Moral Peserta Didik di Era Digital

Authors

  • Monika Marsiani Devonasista Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia
  • Romadhon Romadhon Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia
  • Didik Iswahyudi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8620

Abstract

Penguatan Pendidikan karakter menjadi langkah strategis dalam membentuk generasi emas 2045 yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga bermoral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mata pelajaran PPKn dalam penguatan karakter, kontribusinya dalam mengatasi degradasi moral, serta faktor-faktor yang mempengaruhi degradasi moral tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian dilakukan di SMP Negeri X Malang, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dan guru berperan aktif dalam mengembangkan pendidikan karakter melalui kolaborasi sekolah, integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PPKn dan pembelajaran Agama, serta melalui program sekolah. Nilai religius, toleransi, dan disiplin dikembangkan melalui kegiatan keagamaan dan interaksi sosial. Namun, upaya ini masih terhambat oleh rendahnya keterlibatan orang tua, kurangnya dukungan lingkungan masyarakat, dan pengaruh negative teknologi.

Published

2025-07-11

How to Cite

Devonasista, M. M. ., Romadhon, R., & Iswahyudi, D. . (2025). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Degradasi Moral Peserta Didik di Era Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8554-8562. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8620