Program Intervensi Dini Berbasis Keluarga (Family Based) untuk Keluarga yang Memiliki Anak dengan Hambatan Belajar Disleksia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8622Abstract
Disleksia adalah gangguan neurologis yang memengaruhi kemampuan seseorang dalam membaca, mengeja, menulis, dan berbicara. Ini bukanlah masalah kecerdasan, tetapi lebih kepada kesulitan dalam memproses informasi yang diterima oleh otak terkait dengan bahasa tertulis. Gangguan ini dapat terjadi pada anak-anak. Keluarga merupakan sistem lingkungan yang paling dekat dengan anak. Anak-anak dengan diskleksia membutuhkan intervensi dini. Oleh karena itu, program yang dikembangkan adalah program yang ditujukan untuk mendukung keluarga agar keluarga mampu menerapkan intervensi dini pada anaknya. Studi ini bertujuan untuk menyusun program intervensi dini berbasis keluarga (family-based) Pendekatan intervensi dini berbasis keluarga telah diakui sebagai salah satu strategi yang efektif untuk mengatasi hambatan ini. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis program intervensi berbasis keluarga melalui tinjauan literatur dari berbagai penelitian yang relevan. Fokusnya adalah mengevaluasi efektivitas pendekatan ini dalam meningkatkan kemampuan literasi anak dan keterlibatan orang tua.