Pengaruh Personal Branding dan Tingkat Pendidikan terhadap Keputusan Pembelian Kelas Pelatihan Kepenulisan Esai

Authors

  • Rossa Adelia Universitas Riau, Indonesia
  • Suarman Suarman Universitas Riau, Indonesia
  • Gani Haryana Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8633

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personal branding dan tingkat pendidikan terhadap keputusan pembelian kelas pelatihan menulis esai di Akademi Prestasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakstabilan jumlah peserta kelas esai pada setiap angkatan, yang menyebabkan fluktuasi pendapatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel terdiri dari 171 responden dari total populasi sebanyak 300 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, personal branding berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kelas pelatihan menulis esai. Namun, secara simultan, personal branding dan tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa personal branding yang kuat dari seorang trainer dapat meningkatkan kepercayaan dan minat peserta untuk mengikuti kelas pelatihan, sedangkan tingkat pendidikan peserta cenderung memengaruhi motivasi mereka untuk mengikuti pelatihan, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Published

2025-08-07

How to Cite

Adelia, R., Suarman, S., & Haryana, G. (2025). Pengaruh Personal Branding dan Tingkat Pendidikan terhadap Keputusan Pembelian Kelas Pelatihan Kepenulisan Esai. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9775-9781. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8633