Implementasi Strategi Program Sekolah Ramah Anak dalam Meminimalisir Perundungan dan Kekerasan terhadap Anak di Lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8638Abstract
Penelitian ini membahas implementasi strategi Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam upaya meminimalisir perundungan dan kekerasan terhadap anak di SMP Negeri 28 Surabaya. Latar belakang penelitian didasarkan pada urgensi menciptakan sekolah yang aman, inklusif, dan ramah anak sebagai bentuk perlindungan hak anak serta untuk menciptakan iklim pembelajaran yang positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Fokus analisis mengacu pada model implementasi strategi menurut Hunger dan Wheelen yang meliputi tiga indikator utama: program, anggaran, dan prosedur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi SRA telah diimplementasikan melalui program-program inovatif dan partisipatif, pengelolaan anggaran yang efisien meski terdapat keterbatasan juknis, serta prosedur penanganan kasus kekerasan yang responsif dan ramah anak. Kesimpulannya, strategi SRA terbukti efektif menciptakan budaya sekolah yang inklusif dan aman. Penelitian ini merekomendasikan agar model implementasi ini direplikasi di sekolah lain dengan memperhatikan konteks lokal, serta pentingnya dukungan regulasi, pendampingan berkelanjutan, dan pelibatan seluruh pemangku kepentingan pendidikan.