Pegembangan Modul Ajar Merdeka Terintegrasi STEAM-PjBL ada Materi Hukum Pascal untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains

Authors

  • Qistimahami Qistimahami Universitas Jambi, Indonesia
  • Menza Hendri Universitas Jambi, Indonesia
  • Dian Pertiwi Rasmi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8639

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar Merdeka yang terintegrasi pendekatan STEAM dan model Project-Based Learning (PjBL) pada materi Hukum Pascal guna meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D, meliputi tahapan define, design, dan develop. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli modul ajar, serta diuji persepsinya oleh siswa kelas XI di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul masuk dalam kategori “sangat valid” dengan rata-rata skor di atas 80%. Hasil angket persepsi siswa menunjukkan nilai rata-rata 80,7% dengan kategori “sangat baik”. Modul ajar yang dikembangkan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran karena mampu meningkatkan minat belajar dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menyarankan agar modul sejenis dikembangkan lebih lanjut untuk materi lain serta dilakukan implementasi secara lebih luas di sekolah.

Published

2025-07-11

How to Cite

Qistimahami, Q., Hendri, M. ., & Rasmi, D. P. . (2025). Pegembangan Modul Ajar Merdeka Terintegrasi STEAM-PjBL ada Materi Hukum Pascal untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8629-8635. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8639