Pengaruh Model Pembelajaran Means End Analysis (MEA) Berbantuan Assemblr Edu terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8644Abstract
Pengaruh Model Pembelajaran Means End Analysis (MEA) Berbantuan Assemblr Edu terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means End Analysis (MEA) berbantuan Assemblr Edu terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V di MIS Mathlaul Anwar Margodadi, Kabupaten Tanggamus. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya variasi metode pembelajaran dan rendahnya partisipasi aktif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain non-equivalent control group. Sampel penelitian berjumlah 60 peserta didik yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes esai pada tahap pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model MEA berbantuan Assemblr Edu secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dibandingkan dengan penggunaan media konvensional seperti power point dan video youtube. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi model MEA dengan teknologi berbasis augmented reality mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, meningkatkan pemahaman konseptual, serta mendorong keterlibatan aktif peserta didik. Dengan demikian, model pembelajaran MEA berbantuan Assemblr Edu direkomendasikan sebagai strategi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.