Penggunaan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Meningkatan Keterampilan Desain Poster Anak Tunagrahita Ringan di SLB BC YGP BL. Limbangan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8648Abstract
Kemajuan teknologi informasi saat ini memiliki dampak signifikan terhadap kehidupan manusia. Berdasarkan hasil studi awal mengenai kompetensi lulusan, ditemukan bahwa banyak siswa dengan gangguan intelektual ringan mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan. Oleh karena itu, penting bagi siswa dengan gangguan intelektual ringan untuk dilengkapi dengan keterampilan melalui pemanfaatan media teknologi informasi yang dapat memudahkan mereka dalam meningkatkan keterampilan desain poster, salah satunya dengan menggunakan aplikasi desain grafis Canva. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan desain poster menggunakan aplikasi desain grafis Canva bagi siswa kelas XII dengan keterbelakangan mental ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan model desain penelitian subjek tunggal (SSR) ABA dan melibatkan dua subjek penelitian dengan inisial SK dan LW. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan subjek SK, yaitu 35% pada baseline-1 (A-1), meningkat menjadi 60,6% pada fase intervensi (B) dan pada fase baseline-2 (A-2) meningkat kembali menjadi 89% (hasil ini menunjukkan adanya perubahan dalam keterampilan desain poster subjek SK). Sementara itu, tingkat rata-rata kemampuan subjek LW yang sebesar 33% pada baseline-1 (A-1) meningkat menjadi 55,2% pada fase intervensi (B) dan pada fase baseline-2 (A-2) meningkat kembali menjadi 84% (hasil ini menunjukkan adanya perubahan dalam keterampilan desain poster subjek LW). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi desain grafis Canva dapat meningkatkan keterampilan desain poster bagi siswa kelas XII dengan gangguan mental ringan di SLB BC YGP Bl. Limbangan.