Pengaruh Disiplin dan Efikasi Diri terhadap Optimisme Kerja Pegawai Dinas Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8652Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana disiplin dan efikasi diri berpengaruh terhadap optimisme kerja pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar. Pendekatan penelitian yang diterapkan menggunakan metode kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi penelitian meliputi seluruh pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar, dengan sampel sebanyak 131 orang yang dipilih melalui teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa disiplin berperan secara signifikan dan positif dalam meningkatkan optimisme kerja pegawai. Artinya, semakin tinggi disiplin yang dimiliki, maka optimisme kerja pegawai juga akan semakin meningkat. Selain itu, efikasi diri terbukti memberikan pengaruh signifikan dan positif terhadap optimisme kerja, di mana pegawai dengan keyakinan terhadap kemampuannya cenderung lebih optimis dalam menjalankan tugas-tugas pekerjaan. Secara bersamaan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi signifikan terhadap optimisme kerja pegawai di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar upaya peningkatan disiplin dan efikasi diri terus dilakukan guna membangun optimisme kerja yang lebih baik, yang pada akhirnya dapat mendorong peningkatan produktivitas dan mutu layanan di instansi tersebut.