Persepsi Guru Pendidikan Guru Jasmani Sekolah Dasar terhadap Penggunaan Permainan Tradisonal Sebagai Media dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8657Abstract
Beberapa siswa saat mengikuti pembelajaran olahraga berbasis permainan tradisional di sekolah dasar terlihat tidak aktif atau pasif, padahal jika diikuti secara aktif akan memberikan dampak yang positif bagi siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk membantu guru dalam menentukan aktivitas yang tepat pada pembelajaran berbasis permainan tradisional. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi guru pendidikan guru jasmani sekolah dasar terhadap permainan tradisional sebagai media dalam mencapai tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan berupa kualitatif jenis deskriptif. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pasif saat mengikui pembelajaran dikarenakan kurangnya minat permainan tradisional dikarenakan terlalu sering bermain game online sehingga lebih tertarik dengan permainan canggih. Persepsi guru PJOK terhadap permainan tradisional yaitu terdapat pengalaman positif dan negatif dalam mengajar pendidikan.