Generative AI dalam Pembelajaran Mahasiswa: Antara Inovasi Pendidikan dan Integritas Akademik

Authors

  • Brezto Asagi Dewantara Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Lazaro Kumala Dewi Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8680

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif implikasi pemanfaatan kecerdasan artifisial (AI) terhadap pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Studi ini mengidentifikasi dan menganalisis dampak positif serta negatif dari integrasi AI dengan menggunakan metode kajian literatur yang sistematis terhadap artikel terindeks dan bereputasi. Temuan utama menunjukkan bahwa AI, khususnya Generative AI (GenAI) menawarkan manfaat yang signifikan seperti meningkatkan efisiensi pembelajaran, aksesibilitas materi pembelajaran yang lebih luas dan potensi personalisasi pengalaman belajar melalui hasil umpan balik langsung. Namun, penggunaan AI juga menghadirkan kekhawatiran terutama terhadap ancaman integritas akademik melalui plagiarisme dan kecurangan, potensi penurunan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta risiko ketergantungan dan disinformasi. Lebih lanjut, kajian ini menyoroti isu-isu krusial seperti privasi dan keamanan data pengguna dalam sistem AI. Sebagai respons terhadap kompleksitas masalah, studi ini merekomendasikan strategi yang dapat dipertimbangkan, meliputi pengembangan kebijakan dan panduan etis yang jelas, adaptasi metode penilaian pembelajaran, peningkatan literasi AI bagi seluruh civitas akademika, dan upaya mengatasi kesenjangan akses terhadap teknologi. Kesimpulan dari kajian ini menekankan perlunya pendekatan yang seimbang dan proaktif dari perguruan tinggi untuk memaksimalkan potensi manfaat AI sambil memitigasi risiko yang menyertainya guna memastikan lingkungan akademik yang inovatif, beretika dan mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa secara menyeluruh.

Published

2025-07-09

How to Cite

Dewantara, B. A. ., & Dewi, L. K. . (2025). Generative AI dalam Pembelajaran Mahasiswa: Antara Inovasi Pendidikan dan Integritas Akademik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8209-8217. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8680