Strategi Kepemimpinan dalam Manajemen Konflik di Sekolah Filial CLC: Kajian Literatur pada Konteks Pendidikan Komunitas Migran

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8683

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepemimpinan dalam manajemen konflik organisasi pada sekolah filial Community Learning Center (CLC) di Malaysia yang melayani anak-anak pekerja migran Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah narrative literature review dengan teknik thematic synthesis terhadap 20 artikel ilmiah terkini yang relevan. Hasil kajian menunjukkan tiga temuan utama. Pertama, kepemimpinan transformatif dan inklusif terbukti mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang menghargai keberagaman budaya dan memperkuat partisipasi warga sekolah. Kedua, strategi resolusi konflik yang berbasis dialog dan kolaborasi efektif dalam meredam konflik serta membangun iklim sekolah yang harmonis. Ketiga, sensitivitas kontekstual menjadi aspek kunci dalam kepemimpinan di sekolah filial CLC, mengingat keberadaan sekolah dalam wilayah lintas negara dengan tantangan sosial-politik yang kompleks. Studi ini menekankan bahwa pemimpin CLC tidak hanya berperan sebagai manajer administratif, tetapi juga agen perubahan sosial yang mampu menjembatani berbagai sistem nilai dan kepentingan. Implikasi dari kajian ini mendorong penguatan pelatihan kepemimpinan berbasis multikultural dan reflektif bagi kepala sekolah, serta pentingnya kebijakan yang mendukung tata kelola pendidikan komunitas migran secara berkelanjutan.

Published

2025-07-09

How to Cite

Strategi Kepemimpinan dalam Manajemen Konflik di Sekolah Filial CLC: Kajian Literatur pada Konteks Pendidikan Komunitas Migran. (2025). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8281-8288. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8683