Dampak Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD Negeri 34 Talang Kelapa

Authors

  • Rajasa Septiandi Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yasir Arafat Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan dimensi Profil Pelajar Pancasila terhadap pembentukan karakter siswa kelas V SD Negeri 34 Talang Kelapa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif telah diimplementasikan oleh sekolah dan guru dalam membentuk karakter siswa kelas V. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa dimensi Profil Pelajar Pancasila memberikan kontribusi signifikan dalam pembentukan karakter siswa kelas V. Penelitian ini dapat menjadi dasar bagi studi lanjutan guna mengembangkan strategi implementasi dimensi Profil Pelajar Pancasila secara lebih inovatif dan kontekstual.

Published

2025-07-11

How to Cite

Septiandi, R. ., Arafat, Y., & Selegi, S. F. (2025). Dampak Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD Negeri 34 Talang Kelapa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8517-8525. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/8684