Campur Kode pada Film Agak Laen dan Implikasinya pada Pembelajaran Drama Kelas XI SMK/MAK

Authors

  • Mita An-nisa Surya. F Universitas Riau, Indonesia
  • Mangatur Sinaga Universitas Riau, Indonesia
  • Charlina Charlina Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8689

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode pada film Agak Laen dan implikasi pada pembelajaran drama kelas XI SMK/MAK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah film Agak Laen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan tiga bentuk campur kode yang terdapat dalam film Agak Laen yaitu (1) campur kode ke dalam, (2) campur kode ke luar, dan (3) campur kode campuran. Implikasi campur kode pada pembelajaran drama untuk siswa kelas XI SMK/MAK khususnya pada tujuan pembelajaran (TP) memahami dan menganalisis kaidah kebahasaan teks drama, dapat digunakan sebagai bahan ajar yang kontekstual dan sebagai wadah analisis siswa.

Published

2025-08-07

How to Cite

F, M. A.- nisa S. ., Sinaga, M. ., & Charlina, C. (2025). Campur Kode pada Film Agak Laen dan Implikasinya pada Pembelajaran Drama Kelas XI SMK/MAK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9782-9787. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8689