Proses Konstruktivisme Jean Piaget pada Pemahaman Pembelajaran Berdiferensiasi Guru Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8694Abstract
Pemahaman guru terhadap kebutuhan belajar peserta didik menjadi kunci dalam mewujudkan pembelajaran berdiferensiasi yang bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses konstruksi pengetahuan guru dalam memahami pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan perspektif konstruktivisme Jean Piaget.Informan terdiri atas guru sosiologi, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, pengawas, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membentuk skema pemahaman baru yang lebih adaptif terhadap pembelajaran berdiferensiasi. Melalui proses asimilasi, guru memperdalam pengetahuan awal melalui pelatihan, webinar, diskusi sejawat, dan sumber lain. Tantangan implementasi mendorong proses akomodasi, sehingga terbentuk pemahaman kontekstual yang tidak memaksakan idealisasi konsep, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan nyata di kelas.