Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis STEM terhadap Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA Negeri 6 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8718Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis STEM terhadap aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 6 Samarinda. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan belum optimalnya pengembangan keterampilan berpikir kritis akibat dominasi metode ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas XI masing-masing berjumlah 30 siswa, yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis STEM, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas belajar dan tes keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji Mann-Whitney melalui bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis STEM secara signifikan meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi, khususnya pada materi sistem reproduksi manusia.