Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Materi Bercerita Teman Baik Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8728Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa kelas III A masih banyak yang kurang menguasai keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode storytelling berbantuan media boneka tangan berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa pada materi bercerita teman baik kelas III A SDN Semambung Wonoayu Tahun Ajaran 2025/2026. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan siswa kelas III B sebagai kelas kontrol berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes lisan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogentias, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 42,68 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 74,72. Dari hasil nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 32,04. Hasil nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 41,47 dan hasil posttest kelas kontrol sebesar 63,86. Dari hasil pretest dan posttest kelas kontrol mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 22,39. Uji t tes pada penelitian ini menggunakan rumus independent sample t test. Dapat dibuktikan dengan hasil uji t tes dengan nilai thitung yaitu 4.805 dan nilai ttabel 2,017 maka nilai thitung > ttabel pada taraf siginifikansi 5%, maka Ho ditolak. Yang berarti ada pengaruh metode storytelling berbantuan media tangan terhadap keterampilan berbicara siswa pada materi bercerita teman baik kelas III A di SDN Semambung untuk tahun ajaran 2025/2026.