Analisis Temuan Penggunaan Teknologi YouTube dalam Pembelajaran serta Manfaatnya dalam Proses Edukasi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8736Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis temuan penggunaan teknologi YouTube, manfaatnya serta mengeksplorasi artikel penelitian tentang penggunaan YouTube dalam pembelajaran dengan analisis bibliometrik menggunakan aplikasi VOSviewer. Metode penelitian adalah Systematis Literature Review menggunakan pengumpulan data dengan Prisma dimulai dari pencarian kata kunci “YouTube in Learning” dari database scopus menggunakan aplikasi Publish or perish, Semantic Scholar dan Taylor & Francis. Artikel ditemukan sebanyak 32.913 dengan rentang waktu 5 tahun terakhir mulai dari 2019-2024 setelah itu dilakukan penyaringan artikel, ditemukanlah sebanyak 40 artikel yang relevan dengan tujuan penelitian, kemudian artikel direview untuk mencari temuan, manfaat serta bentuk peta eksplorasi artikel penelitian tentang penggunaan YouTube dalam pembelajaran berbantuan aplikasi mendelay dan VOSviewer. Hasil penelitian menunjukan dari 32 artikel yang telah direview YouTube memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu penggunaan teknologi YouTube dalam pembelajaran dianggap efektif, menyenangkan, fleksibel terutama pada pembelajaran bahasa inggris dalam keterampilan berbicara, mendengarkan dan kosakata. Kekurangannya YouTube kurang mendukung untuk berkomunikasi langsung antara guru dan siswa dan keterbatasan akses internet. 8 artikel yang membahas manfaat penggunaan YouTube dalam pembelajaran, YouTube dianggap sebagai alat yang efektif hal ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk visualisasi peta eksplorasi penelitian tentang YouTube ditemukan sebanyak 14 cluster dengan dengan 3 bentuk yaitu Network Visualization, Overlay Visualization dan Density Visualization.