Pelaksanaan E-Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Warga Belajar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8737Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pelaksanaan e-learning dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melakukan dokumentasi sebanyak 40%, observasi sebanyak 40%, wawancara sebanyak 20%, sedangkan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 warga belajar dan 3 informan inti. Dalam hal ini peneliti memilih informan yaitu warga belajar, pengelola lembaga, tutor. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa faktor keberhasilan dari pelaksanaan e-learning yang dapat meningkatkan motivasi belajar warga belajar yaitu warga belajar yang memiliki pemahaman dalam media elektronik maupun website, konsep pembelajaran yang menarik dan mudah diakses, bahasa yang mudah dipahami/tidak kaku, persepsi positif dari warga belajar terhadap e-learning, serta diadakannya kepelatihan rutin pembelajaran e-learning. Faktor ini dapat saling mendukung untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik dan memotivasi warga belajar untuk lebih aktif.