Relevansi Kurikulum Merdeka dengan Pendidikan Islam Melalui Pendekatan Education For Sustainable Develompment (ESD)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8739Abstract
Upaya menjawab tantangan pendidikan modern dapat dimulai dari sistem pendidikan, khususnya pada kurikulum. Kurikulum Merdeka hadir sebagai kebijakan pendidikan holistik yang mencakup berbagai aspek pembelajaran, termasuk pendidikan Islam. Namun, realitas menunjukkan bahwa banyak lembaga pendidikan Islam masih tertinggal dibandingkan dengan lembaga pendidikan konvensional. Salah satu langkah strategis untuk meningkatkan relevansi dan daya saing pendidikan Islam di era global adalah pendekatan Education for Sustainable Development (ESD) atau Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi Kurikulum Merdeka terhadap Pendidikan Islam melalui pendekatan ESD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merujuk pada model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Islam Al-Azhar 3 Kota Cirebon telah berhasil mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran serta program-program unggulan seperti “Halal Market Day”, “Digital Smart”, dan ceramah keagamaan.