Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence terhadap Kemandirian Belajar (Studi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Universitas Riau)

Authors

  • Nirmala Ardana Universitas Riau, Indonesia
  • Henny Indrawati Universitas Riau, Indonesia
  • Fenny Trisnawati Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8758

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengkaji pengaruh pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Subjek penelitian adalah 258 mahasiswa aktif S1 Pendidikan IPS angkatan 2023 yang menggunakan teknologi artificial intelligence (AI). Teknik sampling yang digunakan proportional random sampling dan rumus Slovin diperoleh 72 responden. Proses pemilihan sampel dilakukan secara acak menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, kemudian dianalisis melalui pendekatan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana. Dari analisis yang dilakukan, teridentifikasi bahwa penggunaan teknologi artificial intelligence (AI) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar, dengan koefisien regresi sebesar 0,333, signifikansi 0,011 (< 0,05), dan nilai thitung 2,619 > ttabel 1,994. Hal ini berarti semakin optimal penggunaan artificial intelligence (AI), semakin tinggi kemandirian belajar mahasiswa. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,089, menandakan 8,9% variasi kemandirian belajar mampu dijelaskan oleh pemanfaatan artificial intelligence (AI), sementara 91,1% oleh variabel lain di luar penelitian ini seperti: motivasi belajar, lingkungan, dan sarana pembelajaran.

Published

2025-08-06

How to Cite

Ardana, N., Indrawati, H. ., & Trisnawati, F. . (2025). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence terhadap Kemandirian Belajar (Studi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Universitas Riau). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9688-9699. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8758