Fleksibilitas Psikologis sebagai Prediktor Resiliensi Akademik pada Siswa SMA

Authors

  • Diea Mila Agustin Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Silvia AR Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.8761

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui penerapan metode korelasional. Populasi penelitian ini mencakup 722 siswa dengan sampel berjumlah 257 siswa yang ditentukan melalui penggunaan rumus Slovin. Penggunaan instrumen dalam penelitian ini ialah skala fleksibilitas psikologis dan skala resiliensi akademik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisis tingkat fleksibilitas psikologis berada pada kategori sedang dengan persentase sejumlah 42% (108 siswa), sementara tingkat resiliensi akademik juga berada dalam kategori sedang dengan persentase sejumlah 45% (116 siswa). Temuan dari analisis data memperlihatkan bahwa koefisien korelasi yang didapat rhitung) rxy = 0,693 dengan nilai rtabel sejumlah 0,122 yang artinya rhitung > rtabel (0,693 > 0,122), sehingga di putuskan adanya keterkeitan positif yang signifikan antara fleksibilitas psikologis dan resiliensi akademik. Hal ini memperlihatkan bahwasannya siswa dengan tingkat fleksibilitas psikologis yang lebih tinggi cenderung memiliki resiliensi akademik yang lebih tinggi pula. Merujuk pada hasil temuan serta uraian pembahasan sebelumnya, fleksibilitas psikologis memungkinkan siswa untuk dapat menghadapi tekanan akademik tanpa berusaha menghindarinya. Dengan kemampuan beradaptasi terhadap berbagai persoalan akademik tanpa memberikan respon negatif secara berlebihan, sehingga berpeluang membangun resiliensi akademik yang lebih tinggi.

Published

2025-09-26

How to Cite

Agustin, D. M. ., & AR, S. (2025). Fleksibilitas Psikologis sebagai Prediktor Resiliensi Akademik pada Siswa SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 11264-11269. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.8761