Pengembangan Buku Panduan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Induktif Kata Bergambar Untuk Kelas V SD

Authors

  • Sindy Kusumawardani Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Eka Titi Andaryani Universitas Negeri Semarang, indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8762

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas buku panduan menulis puisi menggunakan model induktif kata bergambar untuk siswa kelas V SD dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam materi menulis puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan dengan sepuluh tahap pelaksanaan mengacu pada teori Borg and Gall (Sugiyono 2019) menjadi delapan tahap. Tahapan penelitian sebagai berikut: tahap pengukuran potensi masalah, pengumpulan data, tahap design produk, uji validitas produk oleh ahli, tahap revisi produk awal, tahap revisi produk akhir, tahap uji coba produk skala kecil dan uji keefetivan terbatas pada siswa kelas V SDN Cabean 02 Demak Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi angket, dan tes. Hasil validasi ahli materi dan media menunjukkan presentase kelayakan masing – masing sebesar 94,1% dan 89% (kategori sangat layak). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata – rata dari 34,16% (pretest) menjadi 90,83% (postest) dengan N-gain sebesar 56,36 (kategori sedang). Uji paired sample t-test menghasilkan signifikansi 0,000 (<0,05) yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Media ini terbukti efektif meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa melalui buku panduan menulis puisi menggunakan model induktif kata bergambar.

Published

2025-07-10

How to Cite

Kusumawardani, S., & Andaryani, E. T. . (2025). Pengembangan Buku Panduan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Induktif Kata Bergambar Untuk Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8379-8388. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8762