Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Podcast terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Wawancara Kelas XI di SMK Ekatama Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8768Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis video podcast terhadap hasil belajar menulis teks wawancara pada siswa kelas XI SMK EKATAMA Pekanbaru. Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Video podcast sebagai media yang menggabungkan unsur audio dan visual dinilai mampu menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video podcast secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks wawancara dibandingkan dengan metode konvensional.