Analisis Tingkat Pemahaman Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8776Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman guru dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kurikulum merdeka pada guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Pekanbaru. Pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei yang melibatkan 88 guru ekonomi dari MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77,28% guru menunjukkan pemahaman baik dalam perencanaan pembelajaran, sedangkan hanya 39,77% yang menunjukkan pemahaman yang sama dalam pelaksanaan pembelajaran, dan 53,41% dalam asesmen. Faktor pendukung utama adalah kesiapan dan kompetensi guru, yang dipilih oleh 53,41% responden. Faktor penghambat utama adalah kurangnya pemahaman terhadap isi kurikulum (36,36%), diikuti oleh tidak adanya pelatihan teknis (22,73%). Hasil ini menyoroti perlunya penguatan kapasitas guru melalui pelatihan berkelanjutan dan pendampingan profesional untuk memastikan implementasi kurikulum yang optimal.