Strategi Pembentukan Karakter Religius melalui Taman Pendidikan Al Quran di TPQ Al Ikhsan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8779Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi, kendala, dan solusi pembentukan karakter religius anak. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk memahami fenomena ini, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan dalam menarik minat anak untuk berpartisipasi aktif, TPQ Al-Ikhsan berhasil menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang inovatif. Strategi yang diterapkan meliputi pendekatan personal, pembiasaan nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari, program pendidikan yang interaktif dan menyenangkan, pemberian motivasi sesuai usia peserta didik, serta teladan dari guru sebagai panutan. Kendala yang dihadapi, seperti kurangnya minat anak untuk berpartisipasi aktif, pengaruh lingkungan sosial yang kurang mendukung, pola asuh keluarga yang bervariasi, serta kesibukan anak dengan aktivitas lain yang mengurangi waktu untuk beribadah secara konsisten. Solusinya berupa menciptakan lingkungan belajar yang aman dan positif, pelibatan orang tua dalam proses pendidikan melalui pertemuan dan diskusi, penyelenggaraan kegiatan religius yang menarik untuk meningkatkan minat anak, serta pembekalan keterampilan sosial dan emosional agar anak dapat memilih lingkungan pertemanan yang positif.