Analisis Niat Beli Online Berdasarkan Penilaian Efektivitas Short Video Marketing Bagi Generasi Z Pada Merek Produk Fashion
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8788Abstract
Di era pemasaran digital, salah satu strategi komunikasi pemasaran menggunakan short video marketing. Keefektivan short video marketing dapat mendorong peningkatan niat beli online. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh secara parsial penilaian efektivitas short video marketing (kredibilitas influencer, nilai hiburan, antropomorfisme merek) pada niat beli online. Penelitian ini menggunakan sampel generasi Z yang pernah menonton short video dengan menggunakan influencer untuk merek produk fashion selama 3 (tiga) bulan terakhir dengan total sampel 148 respopnden. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan survei kusioner tertutup yang disebarkan melalui google form. Metode analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil menunjukkan penilian efektivitas short video marketing (kredibilitas influencer, nilai hiburan, antropomorfisme merek berpengaruh secara parsial pada niat beli online.