Pengaruh Model Pembelajaran ReMap-CS (Reading Concept Map Cooperatif Script) Berbantuan GitMind terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Literasi Digital Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 2 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8819Abstract
Salah satu keterampilan yang sangat penting pada abad 21 adalah hasil belajar dan literasi digital, dalam mengupayakan keterampilan tersebut diperlukannya kontribusi pendidik dalam menciptakan model pembelajaran dan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif adalah Model pembelajaran ReMap-CS (Reading Concept Map Cooperative Script) dengan bantuan GitMind. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model pembelajaran ReMap-CS (Reading Concept Map Cooperative Script) dengan bantuan GitMind terhadap hasil belajar dan kemampuan literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. dengan desain Nonequivalent Grup Pretest-Postest Control. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 68 siswa. Penelitian dilakukan dengan memberikan soal tes hasil belajar berjumlah 10 soal dan soal kemampuan literasi digital berjumlah 35 soal kemudian data dianalisis menggunakan teknik Independent sample T-test. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa uji t dengan model pembelajaran ReMap-CS (Reading Concept Map Cooperative Script) dengan bantuan GitMind terhadap hasil belajar siswa adalah (0,036 < 0,05). Selanjutnya, hasil analisis data menunjukkan bahwa uji t dengan model pembelajaran ReMap-CS (Reading Concept Map Cooperative Script) dengan bantuan GitMind terhadap kemampuan literasi digital siswa adalah (0,00 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model pembelajaran ReMap-CS (Reading Concept Map Cooperative Script) dengan bantuan GitMind terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Literasi Digital Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 2 Samarinda.