Pengembangan Media Interaktif Flash Card dalam Pembelajaran Keragaman Budaya Pada Kelas IV di SD Negeri 1 Trirenggo Bantul
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8825Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa flash card pada materi keragaman budaya siswa kelas IV sekolah dasar; 2) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran flash card interaktif berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media; dan 3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran flash card interaktif dalam pembelajaran keragaman budaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Trirenggo Bantul, sedangkan objek penelitian berupa media pembelajaran interaktif flash card pada materi keragaman budaya. Penilaian kelayakan dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket validasi, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran interaktif flash card ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Bagian awal berisi tampilan sampul, tujuan pengembangan media, dan petunjuk penggunaan. Bagian inti menampilkan konten utama berupa gambar rumah adat, pakaian adat, dan alat musik daerah yang interaktif, dilengkapi dengan tautan video penjelasan pada bagian teks yang digarisbawahi. Sementara bagian akhir berisi kuis interaktif untuk mengevaluasi pemahaman siswa dan profil penulis sebagai bagian akhir. 2) Media ini dinyatakan sangat layak dengan skor validasi ahli materi sebesar 95% dan ahli media sebesar 92%. Respon siswa terhadap media menunjukkan kategori sangat baik dengan skor rata-rata 86%.