Sinergitas Keluarga dan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Siti Fatmawati Kumala Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Romi Faslah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8839

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas sejauh mana sinergi antara keluarga dan masyarakat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan, artikel ini menganalisis sumber-sumber primer dan sekunder yang relevan, termasuk buku-buku, artikel ilmiah, dan dokumen-dokumen resmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi keluarga dan masyarakat memainkan peran strategis dalam membina lingkungan pendidikan yang holistik dan suportif. Keluarga berkontribusi dalam membentuk karakter anak sejak dini melalui dukungan emosional, pendampingan belajar, dan menjadi teladan di rumah. Sementara itu, masyarakat berperan sebagai pilar eksternal dengan menyediakan sumber daya, berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan non-formal, dan membina ekosistem sosial yang kondusif untuk belajar. Meskipun penting, sinergi ini masih belum optimal karena beberapa tantangan, seperti rendahnya tingkat pendidikan orang tua, terbatasnya waktu untuk keterlibatan keluarga, kurangnya kesadaran akan peran partisipatif, dan lemahnya komunikasi antara sekolah dan masyarakat. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan teori manajemen pendidikan Islam dan menawarkan wawasan praktis serta rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan kolaborasi pemangku kepentingan di tingkat pendidikan dasar. Pada akhirnya, memperkuat keterlibatan keluarga dan masyarakat sangat penting untuk membangun ekosistem pendidikan yang partisipatif dan berkualitas tinggi di Madrasah Ibtidaiyah.

Published

2025-08-07

How to Cite

Kumala, S. F. ., & Faslah, R. . (2025). Sinergitas Keluarga dan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9750-9754. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8839