Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Media Lapbook di Kelas I SD

Authors

  • Zulfa Zakiyya Universitas PGRI Ronggolawe, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8843

Abstract

Prestasi akademik siswa kelas 1 SD Negeri Sumurgung 1 di Kabupaten Tuban untuk tahun ajaran 2024/2025 perlu ditingkatkan, terutama dalam memahami konsep tanda tanya dan tanda seru dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengatasi masalah ini, sebuah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Lapbook. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi, dan menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam kinerja siswa. Peneliti mengumpulkan data melalui pengamatan langsung dan tes. Tingkat penguasaan secara keseluruhan pada siklus pertama adalah 33%, yang meningkat menjadi 75% pada siklus kedua. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT dengan bahan ajar Lapbook secara efektif meningkatkan kinerja siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Published

2025-08-07

How to Cite

Zakiyya, Z. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Media Lapbook di Kelas I SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9755-9760. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8843